KUNJUNGAN BUPATI BANYUWANGI TERKAIT PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

Dispendukcapil | 24-04-2015

 

Hari Jumat tanggal 24 April 2015, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beserta jajarannya melakukan kunjungan terkait pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi. Dalam kunjungannya tersebut Bupati Banyuwangi meninjau langsung pelayanan kemudian memberikan pengarahan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil beserta jajarannya.

 

Bupati Banyuwangi juga menanggapi keluhan masyarakat terkait proses pencetakan KTP elektronik yang harus dilakukan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, mengapa tidak dilakukan di kecamatan-kecamatan saja agar masyarakat yang domisilinya jauh dari kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dapat menghemat biaya dan waktu pengurusan KTP elektronik. Terkait hal itu Bupati Banyuwangi meminta masyarakat untuk bersabar. Karena memang alokasi mesin pencetak KTP elektronik dari Kemendagri untuk Dinas Kependudukab dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi hanya dua unit, sehingga untuk melakukan pencetakan KTP elektronik tidak bisa dilakukan di Kantor Kecamatan melainkan harus datang langsung ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

 

Bupati Banyuwangi selalu berusaha agar pelayanan pencetakan KTP elektronik tidak harus dilakukan terlalu jauh dari tempat tinggal masyarakat, cukup dilakukan di kecamatan masing-masing. Upaya tersebut sudah dilakukan dengan terus berkomunikasi dengan pihak Kemendagri selaku regulator, bahkan Bupati Banyuwangi sudah mengirim surat resmi kepada Kemendagri untuk memohon ijin agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi bisa melakukan pencetakan KTP elektronik di masing-masing kecamatan.

Download SOP

Situs Terkait