OPTIMALISASI LAYANAN PUBLIK DENGAN PENGGUNAAN MESIN ANTRIAN

Dispendukcapil | 23-04-2015

Pelayanan publik adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur negara sebagai abdi masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai salah satu instansi yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat senantiasa berusaha meningkatkan kualitas layanan agar dapat memenuhi harapan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas.

Salah satu langkah yang ditempuh oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat adalah dengan menggunakan mesin antrian dalam pelayanan pengurusan KTP, KK, dan Akta kelahiran. Kelebihan dari penggunaan mesin antrian ini adalah proses antrian yang lebih transparan, sehingga pada saat menunggu masyarakat sudah tau nomor antrian berapa yang saat itu sedang dilayani, berapa nomor lagi nomor yang harus ditunggu untuk mendapatkan pelayanan dan bisa memperkirakan berapa lama harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan. Selain untuk masyarakat, penggunaan mesin antrian ini juga berguna untuk petugas pelayanan karena proses antrian lebih efisien dan pemanggilan nomor antrian sudah otomatis melalui mesin yang digunakan.

 

Penggunaan mesin antrian yang mulai diberlakukan pada tanggal 22 April 2015 ini diharapkan bisa meningkatkan kepuasan masyarakat atas pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sehingga masyarakat tidak ragu lagi untuk datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan mendapatkan pelayanan terbaik terkait pengurusan dokumen kependudukan.

Download SOP

Situs Terkait