PELAYANAN “ONE DAY SERVICE KTP EL”

Dispendukcapil | 31-05-2016

Pada awal Mei 2016 lalu Dinas kEpendudukan Kabupaten Banyuwangi meluncurkan program baru yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Program itu dinamakan “One Day Service KTP EL”. Pelayanan ini ditujukan untuk masyarakat yang melakukan permohonan pembuatan KTP El (KTP Elektronik) dimana pemohon mengajukan KTP langsung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan bisa ditunggu hasillnya ( dalam satu hari jadi).

Untuk pelayanan pembuatan KTP El sehari jadi ini tentunya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon, syarat-syarat ini antara lain :

  1. Pemohon telah rekaman dan konsolidasi Jakarta.  Artinya pemohon sudah melakukan perekaman baik di kecamata atau di Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil dan sudah di konsolidasikan di Jakarta. Bila sudah dan ketika data dilihat ada datanya bisa langsung di cetak, jika data tidak ada padahal sudah rekam akan dilihat sidik jarinya, jika datanya muncul KTP EL bisa di cetak;
  2. Pemohon wajib hadir ;
  3.  Pemohon langsung aktivasi ( maksudnya, setelah KTP EL jadi pemohon langsung aktivasi KTP EL nya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar data-data yang sudah ada tidak berubah dan bisa dibaca dengan card reader yang ada di instansi-instansi  seperti  Bank, Simpan Pinjam dan sebagainya);
  4. Penerimaan berkas maksimal pukul 11.00 wib.

Demikian sekilas uraian mengenai program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi, semoga dengan adanya pelayanan “One Day Service KTP El “ ini dapat membantu masyarakat yang belum memiliki KTP El untuk bisa segera memiliki kartu identitas.

Download SOP

Situs Terkait