Pelayanan Pembuatan Akte Kelahiran Gratis

Dispendukcapil | 06-03-2014

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat antara lain pelayanan jemput bola atau pelayanan yang mendekatkan diri pada masyarakat dengan pelayanan yang dilakukan di desa-desa di seluruh Kabupaten Banyuwangi setiap hari Sabtu. Pelayanan akte kelahiran ini dikhususkan untuk anak usia di bawah 18 tahun dan diberikan secara Gratis.

Pelayanan ini dilakukan  untuk pertama kalinya pada hari sabtu tanggal 8 Februari 2014 di desa Gambiran Kecamatan Gambiran. Sebanyak 104 data yang masuk sudah ada 71 akte kelahiran sudah jadi dan sebanyak 32 akte masih terpending. Pada tanggal 15 Pebruari 2014 pelayanan diadakan di Desa Tegalrejo Kecamatan Tegalsari, ada 130 data yang masuk dan 111 data sudah jadi dan ada 19 data yang terpending. Pada tanggal 22 Pebruari 2014 pelayanan di Desa Wringinrejo Kecamatan Gambiran, ada 200 data yang masuk, yang sudah jadi 171 dan yang terpending 29 data. Tanggal 01 Maret 2014 pelayanan di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, ada 87 data yang sudah masuk.  Adanya data-data yang terpending dikarenakan adanya berkas-berkas persyaratan yang kurang atau tidak memenuhi syarat. Untuk itu bagi masyarakat yang akan mengurus pembuatan akte kelahiran harus betul-betul mempersiapkan berkas-berkas persyaratan yang benar.

Untuk pelayanan berikutnya tanggal 8 Maret 2014, rencanayan akan dilakukan di Desa Kebondalem Kecamatan Bangorejo. Untuk itu bagi masyarakat Bangorejo yang akan membuat akte kelahiran mulai saat ini dipersiapkan data-data yang diperlukan untuk melakukan permohonan akte kelahiran.

 

Download SOP

Situs Terkait