Pendaftaran Akta Kelahiran Secara On Line

Dispendukcapil | 09-03-2015

Salah satu program unggulan di Kab Banyuwang adalah  “Lahir Procot Pulang Bawa Akta” , ini merupakan  program  pemerintah  Kab. Banyuwangi untuk melaksanakan program percepatan (Quik Wins) Reformasi birokrasi dalam rangka percepatan kepemilikan akta kelahiran bagi bayi di Banyuwangi.

Untuk mendukung program “ Lahir  Procot Pulang Bawa Akta”,  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berusaha memberikan  pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dan salah satunya ialah Pendaftaran Akta Kelahiran Secara Online yang dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat proses pengurusan akta kelahiran yang tujuannya adalah akta kelahiran cepat dimiliki bayi yang baru lahir.

Sampai dengan bulan Desember 2014 akta kelahiran secara Online sudah bisa menjaring 10.633 akta kelahiran yang terdiri dari pelayanan Online lewat Puskesmas dan Rumah Sakit sebanyak 7.482 akta kelahiran dan yang melalui Kecamatan sebanyak 3.151 akta. Sedang di tahun 2015 mulai Januari samapai dengan Pebruari 2015 pelayanan Online sudah mencapai 5.684 akta.

Untuk diketahui bahwa Pelayanan Online lewat Puskesmas & Rumah Sakitkhusus untuk bayi umur 0-2 hari sedang Pelayanan Online di Kecamatan khusus untuk bayi umur 3-60 hari, sedang untuk yang lebih dari 60 hari langsung ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi

Untuk diketahui bahwa Pelayanan Online lewat Puskesmas & Rumah Sakit khusus untuk bayi umur 0-2 hari sedang Pelayanan Online di Kecamatan khusus untuk bayi umur 3-60 hari, sedang untuk yang lebih dari 60 hari langsung ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi. Mengingat terbatasnya waktu pada program "Lahir Procot Pulang Bawa Akta", di harapkan orang tua sudah mempersiapkan nama bayi ( nama laki-laki dan perempuan), serta persyaratan-persyaratan yang diperlukan antara lain :

  1. Surat Keterangan asli kelahiran dari Bidan/Dokter/Rumah Sakit/penolong kelahiran;
  2. Fotocopy surat Nikah/ akta kawin legalisir KUA;
  3. Fotocopy KTP kedua orang tua;
  4. Fotocopy KTP dua orang saksi kelahiran;
  5. Fotocopy KK

Download SOP

Situs Terkait